Kamis, 10 Maret 2016

SEO (search engine optimization) dalam e-commerce

Share it Please

 



   Penjelesan Search Engine Optimization(SEO)
E-COMMERCE





             MUDRIKAH ZAIN (14.12.8261)


S1 – SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA


TAHUN AJARAN 2015/2016








BAB I
PENDAHULUAN

I.1 LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi web dan internet yang ada saat ini memungkinkan seseorang membuat website yang diinginkan menjadi lebih mudah. Meskipun orang tersebut memiliki pengetahuan tentang pemrograman berbasis web ataupun tidak. Cukup banyak website terbentuk tiap tahunnya (netcraft web survey [16]). Berbagai website tersebut berusaha menjadi situs yang terkenal dan paling banyak dicari di internet terutama di search engine (mesin pencari). Pemakai internet biasanya menggunakan search engine untuk menemukan apa yang dicarinya. Biasanya 62% dari mereka akan tertarik pada 10 atau 20 situs pertama pada halaman 1 dan 2 dari SERP (Search Engine Result Page), dan 38% sisanya akan melihat website yang ada di halaman berikutnya [15]. Karena itu para pemilik situs kemudian berusaha agar website mereka memiliki peringkat teratas pada mesin pencari di internet, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, website yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menerapkan metode SEO.
 SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti optimisasi mesin pencari. Secara sederhana, SEO 2 dapat diartikan sebagai sebuah teknik dan proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah kunjungan ke sebuah website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, MSN dan lain sebagainya [1]. Dengan penerapan metode SEO, sebuah website dapat mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari. Studi kasus penerapan metode SEO pada penelitian ini dilakukan di website perusahaan blockbusterdistro yaitu blockbusterdistro.com. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang promosi dan penjualan pakaian secara online melalui media internet (e-commerce).
 Beberapa permasalahan yang dimiliki website tersebut seperti sepinya pengunjung situs, hasil pencarian di mesin pencari yang kurang optimal, dan penggunaan keyword yang kurang tepat mengakibatkan menurunnya popularitas situs. Dengan diterapkannya metode SEO pada website blockbusterdistro.com, maka diharapkan permasalahan tersebut dapat teratasi. Makin banyak pengunjung yang datang, maka semakin besar peluang pemilik website untuk menjual produknya maupun membagi informasi yang dimiliki. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan tersebut maka penelitian tugas akhir ini diberi judul
yaitu Optimasi Peringkat Pencarian pada Situs ECommerce Dengan Metode SEO (Search Engine Optimization) Studi Kasus di blockbusterdistro.com.

I.2 RUMUSAN MASALAH
            Sepinya pengunjung yang masuk ke website blockbusterdistro.com dapat mempengaruhi proses penjualan dan transakasi secara online (e-commerce) pada situs tersebut. Selain itu pula ada beberapa permasalahan yang lain dalam penelitian ini, yaitu:                                                                          1.      Bagaimana menerapkan metode SEO agar website blockbusterdistro.com berada pada posisi                lima besar di urutan search engine result page (SERP).
             2.      Bagaimana menarik pengunjung untuk mengunjungi website blockbusterdistro.com
             3.     Bagaimana melakukan pemilihan kata kunci (keyword) yang tepat untuk website                                  blockbusterdistro.com.
             4.       Apa saja metode SEO yang akan digunakan dalam optimisasi website blockbusterdistro.com

I.3 TUJUAN PEMBAHASAN
Berdasarkan identifikasi masalah yang diteliti, maka maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengaplikasikan metode SEO pada website e-commerce blockbusterdistro.com. Sedangkan tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini, yaitu:
1.Dengan diterapkannya metode SEO, diharapkan situs blockbusterdistro.com ta
   padaperingkat lima besar di urutan search engine result page (SERP).
2.Menarik pengunjung baru ke situs blockbusterdistro.com dan membuat website
   tersebutmenjadi mudah ditemukan oleh pengunjung yang mencari dengan keyword
   tertentu.
3.Penggunaan keyword (kata kunci) yang tepat pada website e-commerce blockbusterdistro.com.
4.   Membuktikan bahwa metode SEO yang diterapkan berfungsi dan berjalan dengan baik.





BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang dalam bahasa kita diartikan menjadi optimasi mesin pencari. Definisinya kurang lebih, SEO merupakan teknik atau proses untuk meningkatkan performansi sebuah situs agar mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP = Search Engine Results Page), sehingga akan memaksimalkan traffic ke situs tersebut.
Search engine optimization | SEO Bagi seorang blogger, traffic atau 'lalu lintas' pengunjung yang datang adalah salah satu pilar penting sebuah blog. Tingkat kepentingannya juga akan menjadi semakin tinggi jika blog tersebut digunakan sebagai media berbisnis online. Ini disebabkan karena traffic inilah calon-calon konsumen mereka. Semakin banyak traffic, peluang untuk sukses semakin terbuka lebar.
Pemakai internet biasanya menggunakan search engine untuk menemukan apa yang dicarinya. Kebanyakan di antara mereka kemudian hanya akan tertarik pada 10 atau 20 situs pertama pada halaman 1 dan 2 dari SERP, tanpa ada keinginan untuk melihat ribuan, ratusan ribu, atau mungkin jutaan situs yang ada di halaman berikutnya.
Jadi, jika blog kita muncul di halaman 1 hasil pencarian search engine dengan keyword yang kita incar, maka akan semakin banyak traffic yang akan datang ke blog kita. Inilah sebabnya SEO itu lahir. Search Engine Optimization memang kemudian menjadi 'mata kuliah wajib' bagi para blogger.

2.2 MANFAAT SEO
Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui internet marketing. Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:
1.   Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
 Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.
2.      Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.
3.      Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.

2.3 JENIS JENIS SEO.
Dalam kacamata search engine optimization (selanjutnya di tulis SEO), terdapat dua ranah penting yang harus di perhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog di mata search engine. Pertama, on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog. Kedua, off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog.
Kita akan mencoba mengupas kunci menguasai SEO untuk blog berdasarkan kedua ranah optimasi seperti di jelaskan 

 ON-PAGE OPTIMIZATION
Setidaknya terdapat dua elemen utama SEO dalam ranah on-page optimization. Pertama, blog             attribute. Kedua, content attribute.
1.1  BLOG ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika anda baru akan memulai membuat blog atau ingin memaksimalkan SEO bagi blog anda adalah:
·         Nama Domain
Nama domain adalah alamat URL blog anda. Meskipun memiliki peran dalam SEO, namun saat in nama domain tidak lagi di perhitungkan sebagai elemen utama SEO. Artinya, anda tidak perlu lagi terlalu terobsesi untuk memasukkan kata kunci yang anda bidik sebagai nama domain. Akan lebih baik apabila anda berusaha menciptakan nama domain yang catchy, mudah di ingat dan mudah di lafalkan.
·       Nama blog
Nama blog bisa sama, namun bisa pula berbeda dengan nama domain blog anda. Dalam kacamata SEO, nama blog memiliki peran penting. Ada baiknya anda menciptakan nama blog sesuai dengan kata kunci yang anda bidik. Meskipun demikian, jangan menciptakan nama blog yang susah di ingat, terlalu generik atau pun terlalu panjang. Maksimal 80 karakter saja.
·       Meta tag
Secara sederhana, meta tag adalah uraian ringkas mengenai isi situs dan kata kunci yang anda bidik dengan blog anda. Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tidak lebih dari 80 karakter saja.
·       Desain dan layout blog
Desain dan layout blog (theme) memiliki nilai cukup penting dalam kacamata SEO. Kebanyakan platform blog saat ini sebenarnya telah bersifat SEO-friendly. Namun sebagai kunci, patut di periksa bahwa struktur kode konten harus selalu berada di bagian paling atas ketimbang bagian-bagian yang lain.
·       Gambar
Dalam kacamata SEO, kebanyakan atribut gambar akan memberikan nilai tersendiri, terutama untuk hasil pencarian images melalui mesin pencari. Panjang atribut gambar sebaiknya tidak lebih dari 40 karakter.
·       Atribut HTML
Atribut HTML terutama berkaitan dengan struktur heading tag HTML. Struktur heading H-1, H-2, atau H-3 sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten akan memberikan nilai tersendiri dalam SEO.

1.2  CONTENT ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika hendak menulis sebuah posting konten untuk blog anda adalah:
·       Kata kunci
Kata kunci adalah kata yang menjadi topik atau ide utama di dalam sebuah artikel di dalam blog. Dalam kacamata SEO, kehadiran kata kunci di dalam konten memiliki nilai yang sangat penting . melalui kata kunci inilah mesin pencari akan memberikan nilai sebuah artikel atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (search engine result pages). Semakin tepat jumlah dan pilihan kata kunci yang di pergunakan, semakin besar peluang optimasi mesin pencari yang bisa di berikan.
·       Jumlah kata kunci (keywords)
Jumlah atau tingkat kepadatan kata kunci tergantung pada panjang pendeknya sebuah artikel. Namun demikian, sebagai  panduan dalam setiap artikel setidaknya harus ada 2-5 kata kunci yang di bidik di dalam setiap artikel. Terlalu banyak kata kunci dalam sebuah artikel justru akan memberikan efek negatif karena cenderung akan di anggap sebagai spam content oleh mesin pencari .
·       Variasi kata kunci (keywords)
Selain jumlah, faktor penentu SEO yang lain adalah variasi kata kunci. Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang di bidik tidak tepat sama dan sekedar di ulang-ulang. Alih-alih mengulang-ulang sebuah kata yang sama, akan lebih baik apabila anda menuliskan variasi atau sinonim kata kunci yang di bidik. Hal ini selain untuk mencegah stigma spam content oleh mesin pencari, juga akan semaikn memperkaya perbendaharaan kata kunci yang anda bidik.
·       Posisi kata kunci (keywords)
Sebagai panduan, posisi kata kunci sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada paragraf terakhir. Meskipun demikian, ada baiknya agar isi artikel tetap alami, kata kunci tersebar pada bagian tubuh artikel itu sendiri 
                                                                                                
 OFF PAGE-OPTIMIZATION
Hal-hal yang perlu di perhatikan adalah off-page optimization atau optimasi di luar halaman               blog adalah :
1.      Jumlah backlink
Secara sederhana, backlink adalah link yang berasal dari blog lain ke blog anda. Semakin banyak backlink dan semakin besar pengaruhnya terhadap ranking SERP blog anda di mesin pencari anda bisa mendapatkan backlink dengan cara:
·         Meminta backlink kepada blogger lain.
·         Melakukan link exchange dengan blogger lain
·         Membuat backlink sendiri dari dummy blog
·         Melakukan linkbait
·         Menulis konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memberikan backlink kepada anda.
2.      Kualitas backlink
Backlink yang berkualitas yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·         Berasal dari blog setopik
·         Berasal dari authority blog (minimal PR 7)
·         One-way backlink
·         Tidak berasal dari link-farm
3.      Natural backlink
Natural backlink adalah backlink yang di berikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai berikut:
·         Link di letakkan di dalam kalimat (tidak di dalam blogrol)
·         Berupa variasi kata kunci
·         Berupa gabungan inbound dan outbound link
·         Link tidak berasal dari IP yang sama
·         Link berupa deep linking (link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage)
Dengan melakukan atau memeriksa kembali poin-poin kunci SEO untuk blog di atas, supaya memaksimalkan posisi ranking di SERP (search engine pages) bagi blog anda niscaya akan mendapatkan hasil seperti yang anda harapkan. 

2 komentar:

  1. Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon. Big thanks for the useful info. https://globalhub.ecn.purdue.edu/members/7636/blog/2017/Oct/how-to-hire-best-seo-agency

    BalasHapus

Followers

Top Ad

Follow The Author