Penjelesan Search
Engine Optimization(SEO)
E-COMMERCE
MUDRIKAH
ZAIN (14.12.8261)
S1 – SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2015/2016
BAB
I
PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi web dan
internet yang ada saat ini memungkinkan seseorang membuat website yang diinginkan
menjadi lebih mudah. Meskipun orang tersebut memiliki pengetahuan tentang
pemrograman berbasis web ataupun tidak. Cukup banyak website terbentuk tiap
tahunnya (netcraft web survey [16]). Berbagai website tersebut berusaha menjadi
situs yang terkenal dan paling banyak dicari di internet terutama di search
engine (mesin pencari). Pemakai internet biasanya menggunakan search engine
untuk menemukan apa yang dicarinya. Biasanya 62% dari mereka akan tertarik pada
10 atau 20 situs pertama pada halaman 1 dan 2 dari SERP (Search Engine Result
Page), dan 38% sisanya akan melihat website yang ada di halaman berikutnya
[15]. Karena itu para pemilik situs kemudian berusaha agar website mereka
memiliki peringkat teratas pada mesin pencari di internet, atau setidaknya
halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang
ditargetkan. Secara logis, website yang menempati posisi teratas pada hasil
pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Salah satu
metode yang dapat digunakan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan
menerapkan metode SEO.
SEO adalah singkatan dari Search Engine
Optimization yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti optimisasi
mesin pencari. Secara sederhana, SEO 2 dapat diartikan sebagai sebuah teknik
dan proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk memperbanyak
jumlah kunjungan ke sebuah website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja
atau algoritma mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, MSN
dan lain sebagainya [1]. Dengan penerapan metode SEO, sebuah website dapat
mempunyai peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari.
Studi kasus penerapan metode SEO pada penelitian ini dilakukan di website
perusahaan blockbusterdistro yaitu blockbusterdistro.com. Perusahaan tersebut
bergerak dalam bidang promosi dan penjualan pakaian secara online melalui media
internet (e-commerce).
Beberapa permasalahan yang dimiliki website
tersebut seperti sepinya pengunjung situs, hasil pencarian di mesin pencari
yang kurang optimal, dan penggunaan keyword yang kurang tepat mengakibatkan
menurunnya popularitas situs. Dengan diterapkannya metode SEO pada website
blockbusterdistro.com, maka diharapkan permasalahan tersebut dapat teratasi.
Makin banyak pengunjung yang datang, maka semakin besar peluang pemilik website
untuk menjual produknya maupun membagi informasi yang dimiliki. Berada pada
posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan
berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Berdasarkan latar belakang yang
telah dijelaskan tersebut maka penelitian tugas akhir ini diberi judul
yaitu Optimasi Peringkat
Pencarian pada Situs ECommerce Dengan Metode SEO (Search Engine Optimization)
Studi Kasus di blockbusterdistro.com.
I.2 RUMUSAN MASALAH
Sepinya
pengunjung yang masuk ke website blockbusterdistro.com dapat mempengaruhi
proses penjualan dan transakasi secara online (e-commerce) pada situs tersebut.
Selain itu pula ada beberapa permasalahan yang lain dalam penelitian ini,
yaitu: 1.
Bagaimana
menerapkan metode SEO agar website blockbusterdistro.com berada pada posisi lima besar di urutan search engine result page (SERP).
2.
Bagaimana
menarik pengunjung untuk mengunjungi website blockbusterdistro.com
3. Bagaimana
melakukan pemilihan kata kunci (keyword) yang tepat untuk website blockbusterdistro.com.
4.
Apa saja metode SEO yang akan digunakan dalam
optimisasi website blockbusterdistro.com
I.3 TUJUAN PEMBAHASAN
Berdasarkan identifikasi masalah
yang diteliti, maka maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk
mengaplikasikan metode SEO pada website e-commerce blockbusterdistro.com.
Sedangkan tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini, yaitu:
1.Dengan diterapkannya metode SEO, diharapkan
situs blockbusterdistro.com ta
padaperingkat lima besar di urutan search engine result page (SERP).
padaperingkat lima besar di urutan search engine result page (SERP).
2.Menarik
pengunjung baru ke situs blockbusterdistro.com dan membuat website
tersebutmenjadi mudah ditemukan oleh pengunjung yang mencari dengan keyword
tertentu.
tersebutmenjadi mudah ditemukan oleh pengunjung yang mencari dengan keyword
tertentu.
3.Penggunaan
keyword (kata kunci) yang tepat pada website e-commerce blockbusterdistro.com.
4. Membuktikan
bahwa metode SEO yang diterapkan berfungsi dan berjalan dengan baik.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN SEO
SEO adalah singkatan
dari Search Engine Optimization, yang dalam bahasa kita diartikan menjadi
optimasi mesin pencari. Definisinya kurang lebih, SEO merupakan teknik atau
proses untuk meningkatkan performansi sebuah situs agar mempunyai peringkat
yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP = Search
Engine Results Page), sehingga akan memaksimalkan traffic ke situs tersebut.
Search engine optimization | SEO
Bagi seorang blogger, traffic atau 'lalu lintas' pengunjung yang datang adalah
salah satu pilar penting sebuah blog. Tingkat kepentingannya juga akan menjadi
semakin tinggi jika blog tersebut digunakan sebagai media berbisnis online. Ini
disebabkan karena traffic inilah calon-calon konsumen mereka. Semakin banyak
traffic, peluang untuk sukses semakin terbuka lebar.
Pemakai internet biasanya
menggunakan search engine untuk menemukan apa yang dicarinya. Kebanyakan di
antara mereka kemudian hanya akan tertarik pada 10 atau 20 situs pertama pada
halaman 1 dan 2 dari SERP, tanpa ada keinginan untuk melihat ribuan, ratusan
ribu, atau mungkin jutaan situs yang ada di halaman berikutnya.
Jadi, jika blog kita muncul di
halaman 1 hasil pencarian search engine dengan keyword yang kita incar, maka
akan semakin banyak traffic yang akan datang ke blog kita. Inilah sebabnya SEO
itu lahir. Search Engine Optimization memang kemudian menjadi 'mata kuliah
wajib' bagi para blogger.
2.2 MANFAAT SEO
Semua bisnis pasti harus punya
profit, right? Berbagai cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan
perusahaan mereka, baik dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui
internet marketing. Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran
online sebuah bisnis:
1. Mendatangkan
Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa
halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan
peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya google. Semakin baik
posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan
pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial
inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.
2.
Meningkatkan
Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan
calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek.
Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas
penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk
meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan
optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari
informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi
bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman
website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website Anda.
Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek
bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan
para pengguna internet.
3.
Mendapatkan
Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang
bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media
periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel,
alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Apa
manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih
mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin
memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita
tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada
posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data
customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan
lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan
autoresponder untuk membangun email list customer kita.
Sebenarnya masih ada banyak lagi
manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang
paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis
mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih
stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.
2.3 JENIS JENIS SEO.
Dalam kacamata search engine
optimization (selanjutnya di tulis SEO), terdapat dua ranah penting yang harus
di perhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog di mata search
engine. Pertama, on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog. Kedua,
off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog.
Kita akan mencoba mengupas kunci
menguasai SEO untuk blog berdasarkan kedua ranah optimasi seperti di jelaskan
ON-PAGE OPTIMIZATION
ON-PAGE OPTIMIZATION
Setidaknya terdapat dua elemen
utama SEO dalam ranah on-page optimization. Pertama, blog attribute. Kedua,
content attribute.
1.1 BLOG
ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di
perhatikan ketika anda baru akan memulai membuat blog atau ingin memaksimalkan
SEO bagi blog anda adalah:
·
Nama
Domain
Nama domain adalah
alamat URL blog anda. Meskipun memiliki peran dalam SEO, namun saat in nama
domain tidak lagi di perhitungkan sebagai elemen utama SEO. Artinya, anda tidak
perlu lagi terlalu terobsesi untuk memasukkan kata kunci yang anda bidik
sebagai nama domain. Akan lebih baik apabila anda berusaha menciptakan nama
domain yang catchy, mudah di ingat dan mudah di lafalkan.
·
Nama blog
Nama blog bisa sama,
namun bisa pula berbeda dengan nama domain blog anda. Dalam kacamata SEO, nama
blog memiliki peran penting. Ada baiknya anda menciptakan nama blog sesuai
dengan kata kunci yang anda bidik. Meskipun demikian, jangan menciptakan nama
blog yang susah di ingat, terlalu generik atau pun terlalu panjang. Maksimal 80
karakter saja.
·
Meta tag
Secara sederhana,
meta tag adalah uraian ringkas mengenai isi situs dan kata kunci yang anda
bidik dengan blog anda. Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tidak lebih dari
80 karakter saja.
·
Desain dan layout blog
Desain dan layout
blog (theme) memiliki nilai cukup penting dalam kacamata SEO. Kebanyakan
platform blog saat ini sebenarnya telah bersifat SEO-friendly. Namun sebagai
kunci, patut di periksa bahwa struktur kode konten harus selalu berada di
bagian paling atas ketimbang bagian-bagian yang lain.
·
Gambar
Dalam kacamata SEO,
kebanyakan atribut gambar akan memberikan nilai tersendiri, terutama untuk
hasil pencarian images melalui mesin pencari. Panjang atribut gambar sebaiknya
tidak lebih dari 40 karakter.
·
Atribut HTML
Atribut HTML terutama
berkaitan dengan struktur heading tag HTML. Struktur heading H-1, H-2, atau H-3
sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten akan memberikan nilai
tersendiri dalam SEO.
1.2 CONTENT
ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di perhatikan
ketika hendak menulis sebuah posting konten untuk blog anda adalah:
·
Kata kunci
Kata kunci adalah
kata yang menjadi topik atau ide utama di dalam sebuah artikel di dalam blog.
Dalam kacamata SEO, kehadiran kata kunci di dalam konten memiliki nilai yang
sangat penting . melalui kata kunci inilah mesin pencari akan memberikan nilai
sebuah artikel atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (search engine
result pages). Semakin tepat jumlah dan pilihan kata kunci yang di pergunakan,
semakin besar peluang optimasi mesin pencari yang bisa di berikan.
·
Jumlah kata kunci (keywords)
Jumlah atau tingkat
kepadatan kata kunci tergantung pada panjang pendeknya sebuah artikel. Namun
demikian, sebagai panduan dalam setiap artikel setidaknya harus ada 2-5
kata kunci yang di bidik di dalam setiap artikel. Terlalu banyak kata kunci
dalam sebuah artikel justru akan memberikan efek negatif karena cenderung akan
di anggap sebagai spam content oleh mesin pencari .
·
Variasi kata kunci (keywords)
Selain jumlah, faktor
penentu SEO yang lain adalah variasi kata kunci. Ketika menulis konten,
sebaiknya kata kunci yang di bidik tidak tepat sama dan sekedar di ulang-ulang.
Alih-alih mengulang-ulang sebuah kata yang sama, akan lebih baik apabila anda
menuliskan variasi atau sinonim kata kunci yang di bidik. Hal ini selain untuk
mencegah stigma spam content oleh mesin pencari, juga akan semaikn memperkaya
perbendaharaan kata kunci yang anda bidik.
·
Posisi kata kunci (keywords)
Sebagai panduan,
posisi kata kunci sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama,
serta pada paragraf terakhir. Meskipun demikian, ada baiknya agar isi artikel
tetap alami, kata kunci tersebar pada bagian tubuh artikel itu sendiri
OFF PAGE-OPTIMIZATION
Hal-hal yang perlu di perhatikan
adalah off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog adalah :
1.
Jumlah
backlink
Secara sederhana,
backlink adalah link yang berasal dari blog lain ke blog anda. Semakin banyak
backlink dan semakin besar pengaruhnya terhadap ranking SERP blog anda di mesin
pencari anda bisa mendapatkan backlink dengan cara:
·
Meminta
backlink kepada blogger lain.
·
Melakukan
link exchange dengan blogger lain
·
Membuat
backlink sendiri dari dummy blog
·
Melakukan
linkbait
·
Menulis
konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memberikan
backlink kepada anda.
2.
Kualitas
backlink
Backlink yang
berkualitas yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·
Berasal
dari blog setopik
·
Berasal
dari authority blog (minimal PR 7)
·
One-way
backlink
·
Tidak
berasal dari link-farm
3.
Natural
backlink
Natural backlink
adalah backlink yang di berikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai
berikut:
·
Link
di letakkan di dalam kalimat (tidak di dalam blogrol)
·
Berupa
variasi kata kunci
·
Berupa
gabungan inbound dan outbound link
·
Link
tidak berasal dari IP yang sama
·
Link
berupa deep linking (link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage)
Dengan melakukan atau memeriksa
kembali poin-poin kunci SEO untuk blog di atas, supaya memaksimalkan posisi
ranking di SERP (search engine pages) bagi blog anda niscaya akan mendapatkan
hasil seperti yang anda harapkan.
Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon. Big thanks for the useful info. https://globalhub.ecn.purdue.edu/members/7636/blog/2017/Oct/how-to-hire-best-seo-agency
BalasHapusini sumber nya ada? terimakasih
BalasHapus